Senin, 19 Desember 2016

HUKUM MEMAKAI SUASA BAGI LAKI-LAKI

Posted by Unknown on Senin, 19 Desember 2016

Assalamualaikum wr.wb 
        Dikalangan kita umat islam emas merupakan logam mulia yang menarik perhatian semua kalangan. Bagi kaum wanita emas menjadi perhiasan utama yang dipakai dengan berbagai lapisan. Bahkan untuk mahar pernikahanpun emas yang digunakan dan menjadi pilihan utama. Dalam kacamata agama islam emas dianggap sebagai pakaian khusus bagi wanita, sehingga kaum laki laki dilarang keras untuk memakai pakaian dari emas atau sejenis emas. Selain emas murni, terkadang emas juga dicampur dengan logam lain sehingga menghasilkan logam dengan warna yang berbeda yang lebih dikenal dengan nama suasa. Sebagian kalangan menganggap dibolehkan untuk memakai suasa dengan argument bahwa yang mereka pakai itu suasa bukan emas. 


Lalu, Bagaimanakah hukum memakai suasa bagi kaum laki laki ??

Jawab:

Memakai suasa bagi kaum laki laki hukumnya haram, karena suasa masih mengandung emas,sedangkan memakai emas hukumnya haram, baik kandungan emasnya sedikit atau banyak.

Suasa adalah hasil dari campuran emas dengan tembaga . Adanya nama baru bagi logam hasil campuran tersebut tidaklah merubah hukum memakai karena sudah ada ketentuan dari syara' bahwa memakai logam yang mengandung unsur emas walaupun sedikit bagi laki laki dilarang, maka penamaan lain bagi logam tersebut tidak akan merubah hukum keharamannya. Itupun hanya dalam bahasa didaerah kita. Sedangkan dalam bahasa arab yang dipakai dalam kitab fiqh logam emas disebut emas murni(khalish)  sedangkan emas yang bercampur disebut zhahab maghsyusy.

referensi 
#fathul Qarib,jilid.2,hal.241, Cet.al-haramain 
#Al-bayan,jilid.2,hal.536,Cet.dar minhaj 


           Semoga bermanfaat 

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat juga:

HERAN!! Ini Dia 3 Tanaman Super yang Sudah Terbukti Efektif Menurunkan Kadar Gula Darah.

Assalamualaikum wr wb, Hampir setiap orang di Indonesia sekarang ini menderita penyakit yang namanya gula darah, penyakit ini sebenarnya...