Selasa, 25 April 2017

ADAB BERPUASA

Posted by Unknown on Selasa, 25 April 2017



Sahabat ISLAM.. Tidak lama lagi kita akan melaksanakan satu kewajiban dalam setiap tahunnya dan itu termasuk kedalam salah satu rukun bahwa kita beragama islam yaitu melakukan puasa ramadhan. Sebelum kita berpuasa hendaknya kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana adab dalam berpuasa ramadhan tersebut, setelah kita beradab dalam melakukan puasa maka kita akan merasakan kesempurnaan dalam puasa kita bukan hanya menahan lapar dan gerah saja tetapi apa yang kita lakukan ada manfaatnya,,insyaallah amiin..

Lalu bagaimana adab kita dalam berpuasa ???


Sahabat ISLAM adab dalam melaksanakan puasa ramadhan yaitu tiada sah puasa ramadhan itu melainkan dia berniat di malam hari dan haruslah iya niat pada tiap tiap malam dalam bulan ramadhan, dan batal puasa seseorang dengan sebab makan,minum dan jimak di siang hari dengan disengaja tetapi jika iya lupa maka tiada batal puasanya, dan batal puasa lagi jika mengeluarkan mani dengan sengaja dan haid bagi wanita.

Makruh bagi orang yang berpuasa itu mencium isteri nya dan bermain bersama isteri dan Makruh pula bagi orang yang berpuasa itu membuang darah dan berkumur kumur secara berlebihan dan Makruh pula memasukkan air kedalam hidung saat mengambil air sembahyang  dan Makruh juga menyikat gigi saat sudah tergelincir matahari.

Sunat bagi orang yang berpuasa itu menyegarkan akan berbuka dan mengakhirkan sahur dan sunat juga berbuka dengan buah kurma jika tidak ada kurma maka sunat berbuka dengan yang manis manis dan sunat juga membaca doa buka puasa disaat mau berbuka dan lagi sunat mandi junub dulu sebelum terbit fajar dan sunat juga mengikuti tarawih di malam hari bulan puasa dan dalam bulan ramadhan itu membanyakkan akan sedekah,membaca quran,dan zikir

Sahabat, ketahuilah bahwasanya puasa itu merupakan perisai yang memelihara kita dari kejahatan dalam puasa kita harus memelihara segala anggota kita sepeti contoh kita harus menjaga telinga kita dari mendengar apa yang diharamkan allah seperti mengupat,berdusta.
Dalam puasa juga kita harus menjaga daripada makan makanan yang haram bahkan yang subhat sekalipun dan kita harus berbuka puasa dengan makan yang halal, dan yang harus kita ingat yaitu jangan lah kita terlalu banyak makan disaat berbuka.

Ketahuilah bahwasanya puasa itu adalah pohon dari segala ibadah dan anak kunci untuk membukanya yaitu dengan cara taat dan beribadah ..maka setelah kita mempelajari adab-adab dalam puasa kita tidak perlu ragu untuk melaksanakan puasa semoga allah menerimanya ..
Amiin

Semoga bermanfaat 

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat juga:

HERAN!! Ini Dia 3 Tanaman Super yang Sudah Terbukti Efektif Menurunkan Kadar Gula Darah.

Assalamualaikum wr wb, Hampir setiap orang di Indonesia sekarang ini menderita penyakit yang namanya gula darah, penyakit ini sebenarnya...