Kamis, 27 April 2017

SOLUSI SUATU PERMASALAHAN

Posted by Unknown on Kamis, 27 April 2017

Masalah solusi

Assalamualaikum sahabat,

Kita pasti paham bahwa setiap orang pasti mempunyai masalah, walaupun yang penyebab masalah tersebut relatif berbeda bagi setiap orang. Ada yang bermasalah dengan pribadi diri sendiri, ada yang bermasalah dengan keluarga, ada yang bermasalah dengan teman atau sahabat, ada yang masalah denga lingkungannya dan.

Itu semua menunjukkan bahwa tidak ada seorang pun yang terbebas dari suatu masalah. Namun, ketika kita menghadapi masalah, janganlah putus asa dan menyerah anggap saja semua datang dari allah sebagai ujian buat kita. Sama seperti ujian uang kita hadapi diakhir semester sekolah, masalah dan hambatan tersebut dapat kita pandang sebagai jalan untuk meningkatkan diri ke level yang lebih baik.

Apa yang sering kita lakukan saat mempunyai masalah???
Lebih banyak kita hanya diam, berusaha memecahkan masalah tersebut dengan sendiri, meminta saran atau masukan dari kawan, saudara, atau orang lain, atau justru berharap orang lain yang memecahkan masalah kita ???

Sahabat, dalam menghadapi masalah kita harus yakin bahwa selalu ada jalan penyelesaiannya. Selalu ada solusi untuk setiap masalah. Disini lah kemampuan kita diuji, salah satu kunci dalam melihat karakter seseorang adalah dengan memperhatikan bagiamana dia melalui suatu masalah dan hambatan yang menghadang. Kemampuan yang baik dalam menghadapi masalah juga mencerminkan kecerdasan seseorang. 


Lalu, bagaimana cara memikirkan solusi yang baik untuk maslah yang kita hadapi??

Sahabat inilah solusi yang bisa kita ambil dengan baik.

Pertama, pikirkan dengan serius bahwa kapasitas diri kita lebih besar daripada masalah atau hambatan yang sedang kita hadapi. Jika kita memiliki pikiran seperti ini , selain menjadi lebih optimis, kita pasti menjadi lebih kreatif dalam menemukan solusinya. Terimalah masalah kita dengan ikhlas dan lapang dada,sehingga kita bisa dengan sabar mencari solusinya dan tidak menghabiskan waktu dengan galau,sendiri,menyendiri,menggerutu dan. Yakinlah bahwa dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

Kedua, ketika kita sedang mencari sebuah solusi untuk suatu masalah yang kita hadapi, hal yang perlu kita tanya pertama kali adalah "-bagaimana"
Bukan "mengapa". Segera kita pikir cara atau strategi yang bisa kita lakukan untuk memecahkan masalah.

Ketiga, yakinlah kepada diri kita, sebagai umat islam yang baik dan taat bahwa pertolongan allah selalu diberikan kepada hambanya yang beriman... ingatlah untuk selalu berbuat kepada orang lain tanpa mengharapkan suatu imbalan, tanpa pamrih dan balas jasa. Selain itu, kita juga harus menjaga hubungan silaturrahmi dengan umat islam tanpa memandang derajat atau pangkat dan status ekonomi. Kenapa?? Karena allah menolong menyelesaikan masalah kita melalui orang-orang tersebut.

Keempat, tetaplah kita fokus. Tetaplah perhatian kita tentang apa yang sedang kita pikir dan tetap fokus pada tujuan dan kekuatanmu. Kesempatan untuk memecahkan masalah terkait dengan seberapa besar kita memfokuskan energi kita dalam menyelesaikannya.kita harus tetap optimis bahwa selalu ada solusi atau jalan keluarnya. Percayalah bahwa allah tidak akan memberikan ujian diluar batas kemampuan manusia..

Inilah solusi yang bijaksana semoga semua masalah yang kita hadapi bisa terselesaikan dengan baik dan tidak kecewa amiin.


Semoga bermanfaat 

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat juga:

HERAN!! Ini Dia 3 Tanaman Super yang Sudah Terbukti Efektif Menurunkan Kadar Gula Darah.

Assalamualaikum wr wb, Hampir setiap orang di Indonesia sekarang ini menderita penyakit yang namanya gula darah, penyakit ini sebenarnya...