Jumat, 28 April 2017

Kepada Siapa Kita Simpan Rahasia Kita???

Posted by Unknown on Jumat, 28 April 2017

Kepada Siapa Kita Simpan Rahasia Kita

Sahabat ISLAM 

Kita sebagai makhluk sosial pasti mempunyai teman/sahabat yang mungkin hampir setiap hari kita curhat tentang rahasia kita kepadanya, ini beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin menyimpan rahasia kita 
Berikut ini beberapa poin yang mungkin penting untuk diperhatikan tatkala hati kita gelisah dan ingin sekali menumpahkan rahasia kita kepada orang lain. 

Pertama : Hendaknya kita bertanya dalam diri kita, sudah perlukah kita membeberkan rahasia kita kepada orang lain??, apakah jika kita membeberkan rahasia kita akan mendatangkan kemaslahatan??!! 

Kedua : Sebelum kita menceritakan rahasia kita kepada orang lain, hendaknya kita membayangkan bagaimana jika orang tersebut tidak amanah??, hendaknya kita juga membayangkan bagaimana jika rahasia kita tersebut akhirnya tersebar?? Apakah kita siap menghadapinya??. 

Ketiga : Kalau memang kita harus membeberkan rahasia kita maka hendaknya kita menceritakannya kepada orang yang sholeh yang terkenal dengan amanah…terutama seseorang yang berilmu yang kita ingin mendapatkan masukan nasehat-nasehat darinya dalam menghadapi problem kita.

Keempat: Jangan sampai kita menceritakan rahasia kita kepada orang yang mencari-cari tahu rahasia kita, Orang yang seperti ini biasanya mudah untuk membeberkan rahasia. 

Seorang penyair berkata : ُعْيِذُم ِ ّ رِ ّ سلِل ُبِلاَّطلاَف َكْنِم*** ِهِبِلاَط َلِإ ًّارِس ْعِذُت َلا "Janganlah engkau membeberkan rahasia kepada orang yang mencari-cari rahasia tersebut darimu, karena pencari-cari rahasia akan membeberkannya".

 Kelima : Janganlah kita menceritakan rahasia kita kepada banyak orang, karena semakin banyak orang yang kita ceritakan rahasia kita maka akan semakin mudah tersebar rahasia kita.

Lihat juga: Wanita ahli surga

Yang sering terjadi adalah jika seseorang menghadapi sebuah problem lantas ia selalu ingin curhat kepada orang lain, yang curhat tersebut mengharuskannya untuk membeberkan rahasianya. Akibatnya rahasianya menjadi rahasia umum.

 Para sahabat yang budiman…menjaga rahasia adalah suatu amanah, karenanya jika kita diminta untuk menjaga rahasia maka hendaknya kita benar-benar memegang amanah tersebut…, namun jika kita merasa tidak mampu untuk menjaganya maka hendaknya kita tolak permintaan tersebut. Jika memang orang yang meminta tersebut tetap ngotot menceritakan rahasianya kepada kita, maka hendaknya kita mempersyaratkan agar memaafkan kita jika rahasia tersebut tersebar dikemudian hari.

Inilah bebarapa poin yang perlu kita lihat jikalau kita ingin curhat atau ingin bilang rahasia kita kepada teman kita atau sahabat atau kerabat dekat kita.

Wassalam

Sumber: Majalah Kesehatan Muslim

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat juga:

HERAN!! Ini Dia 3 Tanaman Super yang Sudah Terbukti Efektif Menurunkan Kadar Gula Darah.

Assalamualaikum wr wb, Hampir setiap orang di Indonesia sekarang ini menderita penyakit yang namanya gula darah, penyakit ini sebenarnya...